Sabtu, 09 Juni 2012

GURU ONLINE DI AMERIKA


Ada sesuatu yang populer di Amerika  kini bahwa guru tidak dituntut lagi bekerja di Harvard University ataupun sekolah-sekolah mewah. Bahkan, ia tidak bekerja di sekolah sama sekali, tapi pelajaran telah diajarkan lebih dari 56 juta kali. Salman Khan, seorang mantan manajer hedge fund, adalah pendiri Khan Academy, sebuah platform pembelajaran online dengan perpustakaan lebih dari 2.300 video meliputi segala sesuatu dari dasar aljabar dan persamaan diferensial untuk Perang Vietnam.
cilak bakal ini diilhami kisahnya pada tahun 2004, sepupu Khan muda di New Orleans, Nadia, mengalami kesulitan di kelas matematikanya. Khan, seorang lulusan MIT yang sedang bekerja di New York City, mulai les Nadia atas Yahoo! Messenger. Segera, kerabat lebih mulai meminta bantuan, sehingga ia mulai membuat video YouTube menjelaskan topik yang berbeda, yang mereka bisa melihat disaat mereka punya waktu. lalu Akhirnya, orang lain menemukan videonya dan berfikir ini berguna.
Kebanyakan video singkat-mana saja dari beberapa menit sampai setengah jam, tergantung pada subjek. Khan kutulisi persamaan dan menuliskan istilah kunci pada program komputer yang mensimulasikan papan kapur saat ia menjelaskan mereka dengan lagu sulih suara.
Mahasiswanya mengatakan "mereka dapat lebih mengerti ketika belajar di YouTube dari pada sebagai seorang guru mereka dikelas,"
. khan mencatat bahwa "Umpan balik pengguna adalah bagian penting dari yang dia tampilkan itu. Jika saya melakukan sebuah video yang membingungkan, kami akan mengulang video,".

Umpan balik pengguna sangat positif, lalu pada tahun 2007 ia mendirikan Khan Academy, yang awalnya diuat sangat sederhana dari satu halaman  dan satu arahan untuk video nya. Hari ini, Akademi memiliki fitur video, latihan online dan penilaian, dan kemajuan pada search engiener.
Pada 2009, Khan mendapatkan bayaran uang melalui program mitra YouTube, yang membayar lebih dari 20.000 pencipta atas situs video bagian dari pendapatan iklan, untuk berhenti dari pekerjaannya di Wohl Capital Management, perusahaan hedge fund manajemen perusahaan kecil, dan fokus pada saat yang penuh Academy.
"Ini agaknya menaikan popularitasnya," katanya. "Tujuh atau delapan bulan kemudian, kami mendapat donor dan saya bisa membayar sendiri gaji dan menerjemahkan video ke dalam 10 bahasa." Sejauh ini, video sedang diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol, Perancis, Rusia, Hindi-Urdu, Mandarin, dan banyak lagi.
Salah satu donor nya kebetulan salah satu orang paling penting di dunia: Bill Gates. Bill & Melinda Gates Foundation membuat sumbangan $ 1,5 juta untuk Akademi, dan Google disumbangkan lagi $ 2 juta.
"Saya melihat Sal Khan sebagai pelopor dalam gerakan keseluruhan untuk menggunakan teknologi untuk membiarkan semakin banyak orang mempelajari hal-hal," kata Gates dalam sebuah video yang diposting pada homepage dari situs web Academy Khan. "Ini awal dari sebuah revolusi."


 
lihat  contoh video khan akademy dibawah ini


Tidak ada komentar: